1.
Sebut dan jelaskan langkah pendekaan
sistem
Pendekatan Sistem adalah upaya untuk
melakukan pemecahan masalah yang
dilakukan dengan melihat masalah yang
ada secara menyeluruh dan melakukan
analisis secara sistem.
Dalam melakukan pendekatan sistem ada langkah-langkah
dan tahapan yang bisa dilakukan:
Tahap I: Usaha persiapan
Langkah-langkahnya adalah
memandang perusahaan sebagai suatu sistem, mengenal sistem lingkungan(pemegang
saham, pelanggan, masyarakat keuangan, masyarakat global, pemerintah,pesaing,
pemasok, serikat kerja), mengidentifikasi subsistem-subsistem perusahaan.
Tahap II: Usaha definisi
·
Suatu masalah ada atau akan
ada (identifikasi masalah).
·
Mempelajari masalah untuk
mencari solusi (pemahaman masalah).
·
Mencari pemicu masalah
(problem trigger) yang dapat berasal dari lingkungan atau dari dalam
perusahaan.
·
Bergerak dari tingkat sistem
ke subsistem. Caranya adalah menganalisis sisem menurut subsistem-subsistemnya.
Kemudian apakah susbsistem itu terintegrasi menjadi satu unit yang berfungsi
lancar? Lalu apakah semua subsistem bekerja untuk mencapai tujuan sistem?
Setelah itu analisa top-down untuk mengidentifikasi tingkat sistem dimana
penyebab persoalan berada.
·
Menganalisis bagian-bagian
sistem dalam suatu urutan tertentu.Elemen-elemen
Sistem dapat dianalisis secara berurutan, yaitu:
§ Mengevaluasi standar (standar harus sah/valid, standar harus realistis,
standar harus dimengerti oleh mereka yang akan mencapainya, dan standar harus
terukur).
§ Membandingkan sistem output dengan standar.
§ Mengevaluasi manajemen.
§ Mengevaluasi pengolah informasi.
§ Mengevaluasi input dan sumber daya input.
§ Mengevaluasi proses transformasi.
§ Mengevaluasi sumber daya output
Tahap III: Usaha solusi
·
Mengidentifikasi berbagai
alternatif solusi. Dengan cara mencari jalan yang berbeda untuk memecahkan
masalah yang sama. Seperti Brainstorming (tukar pikiran), dan Joint Application
Design (rancangan aplikasi bersama)
·
Mengevaluasi berbagai
alternatif solusi. Contohnya dengan menggunakan kriteria evaluasi yang sama,
untuk mengukur seberapa baik suatu alternatif dapat memecahkan masalah.
·
Memilih solusi terbaik.
Dengan cara menganalisis suatu evaluasi sistematis atas pilihan-pilihan dan
mempertimbangkan konsekuensi pilihan tersebut pada tujuan organisasi. Kemudian
memberi penilaian atas proses mental manajer. Setelah itu melakukan
tawar-menawar atau negosiasi antara beberapa manajer.
·
Menerapkan solusi. Masalah
tidak terpecahkan hanya dengan memilih solusi terbaik tapi perlu diterapkan.
·
Menindaklanjuti untuk memastikan bahwa solusi itu efektif
2.
Berikan contoh sebuah/satu system
pakar (expert system)
Expert system (sistem pakar) adalah sistem komputer yang mengemulasi
kemampuan pengambilan keputusan seorang ahli manusia.
Sistem pakar dirancang untuk memecahkan masalah kompleks dengan penalaran
tentang pengetahuan, seperti seorang ahli, dan bukan dengan mengikuti prosedur
yang sebuah pengembang seperti kasus dalam pemrograman konvensional. Sistem
pakar pertama diciptakan pada 1970-an dan kemudian berkembang biak pada
1980-an. Sistem pakar merupakan salah satu bentuk benar-benar sukses pertama
dari AI perangkat lunak.
Sebuah contoh dari sistem pakar di bidang keuangan adalah :
·
expert system untuk hipotik, departemen Pinjaman tertarik dalam
expert system untuk hipotek karena biaya tenaga kerja tumbuh, yang membuat
penanganan dan penerimaan pinjaman relatif kecil kurang menguntungkan. Mereka
juga melihat kemungkinan untuk standar, penanganan efisien pinjaman dengan
menerapkan sistem pakar(expert system), yang menghargai bahwa untuk penerimaan
hipotek ada aturan keras dan cepat yang tidak selalu ada dengan jenis lain
pinjaman.
·
Industri makanan menggunakan expert system untuk menyimpan keahlian dari
seorang ahli yang sudah mendekati masa pension.
·
Pada tahap penganalisa data pada
suatu perusahaan juga dibutuhkan sumber data yang kemudian nantinya diolah dan
disimpan pada suatu system computer baik berupa jaringan.
3.
Sebutkan beberapa sifat pengolahan
data yang membedakan dengan aplikai lain
Sifat-sifat dari suatu data dapat diklasifikasikan menjadi empat macam,
antara lain :
·
Data kuantitatif
(quantitative data) adalah data mengenai penggolongan dalam hubungannya dengan
penjumlahan.
·
Data kualitatif
(qualitative data) adalah data mengenai penggolongan dalam hubungannya dengan
kualitas atau sifat tertentu.
·
Data makro
(macro data) adalah data yang meliputi suatu objek dalam skala yang luas,
sekelompok masyarakat, daerah wilayah, atau suatu propinsi dan negara.
·
Data mikro
(micro data) adalah data yang meliputi suatu unit usaha, rumah tangga, atau
individu.
Namun,
sifat-sifat pengolahan data yang lainnya, adalah sebagai berikut :
·
Mempunyai fokus
historis yang paling utama.
·
Menghimpun data
yang detail atau lengkap.
Karena record pengolahan data menggambarkan aktivitas perusahaan secara lengkap, maka ia akan jadi alat untuk merekontruksi kembali tindakan/transaksi tersebut secara urut jika record diperlukan. Kronologi itu disebut dengan audittrail.
Karena record pengolahan data menggambarkan aktivitas perusahaan secara lengkap, maka ia akan jadi alat untuk merekontruksi kembali tindakan/transaksi tersebut secara urut jika record diperlukan. Kronologi itu disebut dengan audittrail.
·
Menghimpun data
yang detail atau lengkap.
Karena record pengolahan data menggambarkan aktivitas perusahaan secara lengkap, maka ia akan jadi alat untuk merekontruksi kembali tindakan/transaksi tersebut secara urut jika record diperlukan. Kronologi itu disebut dengan audittrail.
Karena record pengolahan data menggambarkan aktivitas perusahaan secara lengkap, maka ia akan jadi alat untuk merekontruksi kembali tindakan/transaksi tersebut secara urut jika record diperlukan. Kronologi itu disebut dengan audittrail.
·
Pengolahan data
menjalankan tugas yang penting
Pengolahan data adalah aktivitas yang diperlukan.
Pengolahan data adalah aktivitas yang diperlukan.
·
Mengikuti
prosedur standar secara relative
Peraturn dan latihan yang diterima menguraikan atau menerangkan cara pengolahan data yang akan dilakukan.
Peraturn dan latihan yang diterima menguraikan atau menerangkan cara pengolahan data yang akan dilakukan.
·
Memberikan
informasi pemecahn masalah minimal.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar